Laga pembuka Liga 1 2019 yang mempertemukan antara tuan rumah PSS Sleman melawan Arema FC di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Rabu (15/05) malam WIB harus menyisakan catatan kelam. Alih-alih berlangsung menarik, laga yang berakhir dengan skor 3-1 untuk keunggulan PSS itu justru harus diwarnai oleh kericuhan antar suporter.

Sejak awal pertandingan kondisi di tribun memang sudah tidak kondusif, di mana tensi suporter kedua tim sudah memanas. Puncaknya setelah Arema mampu menyamakan skor melalui tandukan Sylvano Comvalius pada menit ke-29. Suporter kedua tim terlihat saling lempar batu, pecahan tekel, hingga perang kembang api. Akibatnya wasit menghentikan jalannya pertandingan untuk sementara waktu, sembari menunggu situasi kembali kondusif.

Setelah pertandingan usai, operator Liga 1 2019, PT Liga Indonesia Baru (LIB) sangat menyayangkan terjadinya hal tersebut. Karena insiden itu membuat PT LIB juga harus menghadapi panggilan dari Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI).

Namun pada pertemuan yang berlangsung Jum’at (17/05) siang kemarin, BOPI tidak akan mencabut rekomendasi jalannya Liga 1 2019. Karena Asep Saputra selaku manajer kompetisi PT LIB mengaku sudah memberikan laporan terkait insiden tersebut kepada BOPI. Kemudian PT LIB juga telah menyampaikan permintaan maafnya kepada masyarakat sepak bola Indonesia terkait insiden tersebut.

“Secara khusus PT LIB meminta maaf kepada masyarakat sepak bola Indonesia terkait insiden yang terjadi di laga PSS melawan Arema kemarin (Rabu),” kata Asep.

Lebih lanjut, PT LIB berharap tidak akan ada lagi insiden kerusuhan yang mewarnai jalannya pertandingan di Liga 1 2019. Kalau pun terjadi lagi, PT LIB tak segan untuk memberikan hukuman berat kepada suporter yang terlibat kerusuhan. Akan tetapi hukuman itu sendiri baru akan dijatuhkan oleh PT LIB setelah berkoordinasi dengan PSSI.

“Kami tidak akan memberikan toleransi terhadap hal-hal yang berbau kerusuhan. Kami ingin berkomitmen seperti rekomendasi yang telah tedikeluarkan oleh BOPI, apabila fakta intergritas ditandatangani seluruh klub dan harus dijaga bersama. Liga 1 2019 masih akan melangsungkan 302 pertandingan dan semoga bisa menjaga situasi kondusif demi sepak bola profesional di Indonesia,” pungkasnya. Untuk mendapatkan berita dan prediksi bola terakurat mengenai Liga 1 bisa mampir ke website Beosjapan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *