Musim 2018/19 akan segera berakhir, begitu pun dengan karier beberapa pemain kawakan yang juga akan berakhir. Pensiuannya para pemain sepak bola memang sudah bukan hal yang asing lagi, karena semakin bertambah usia kemampuan dan fisik mereka pun semakin menurun. Hal itu lah yang membuat mereka semakin kalah bersaing dengan para pemain muda yang masih memiliki kondisi fisik lebih prima. Pada akhir musim 2018/19 kali ini setidaknya ada 4 pemain kawakan yang memutuskan pensiun, di mana wajah mereka telah menghiasai pentas sepak bola dunia setidaknya selama 15 tahun terakhir.

Xavi Hernandez

Xavi erat kaitannya dengan Barcelona, di mana pemain asal Spanyol itu mengawali kariernya dengan bergabung bersama akademi La Masia pada usia 11 tahun. Kemudian pada musim 1998/99 Xavi mulai menembus skuat utama Barcelona yang kala itu ditangani oleh Louis van Gaal.

Xavi kemudian hengkang meninggalkan Barcelona pada musim panas 2015 yang lalu untuk bergabung bersama klub Qatar, Al-Sadd. Xavi sendiri meninggalkan Barcelona dengan mencatat tinta emas, di mana dirinya berhasil mempersembahkan 27 trofi bergengsi untuk Barcelona, di antaranya adalah 8 gelar juara La Liga dan 4 gelar juara Liga Champions Erooa.

Dengan keputusannya gantung sepatu pada penghujung musim 2018/19, berarti Xavi meninggalkan dunia sepak bola pada usia 39 tahun.

Robin van Persie

Robin van Persie mengawali karier profesinoalnya dengan membela klub raksasa Belanda, Feyenoord pada musim 2001/02. Kemudian dia menarik perhatian Arsene Wenger yang pada akhirnya membawanya ke Arsenal setelah dirinya berhasil tampil menggila bersama Feyenoord dan mempersembahkan gelar juara Piala UEFA. Meskipun berhasil meraih kesuksesan bersama Arsenal, namun karier terbaik Van Persie adalah ketika membela Manchester United. Bersama The Red Devils, Van Persie berhasil mempersembahkan gelar juara Liga Premier inggris musim 2012/13 dan dirinya menjadi top skor.

Di penghujung kariernya Van Persie kembali membela Feyenoord, dan kini dirinya pun memutuskan pensiun. Ia gantung sepatu di usia 35 tahun di klub yang telah membesarkan namanya, Feyenoord.

Petr Cech

Petr Cech mulai menarik perhatian setelah dirinya tampil menawan bersama Sparta Praha di kala usianya masih 19 tahun. Kemudian Cech mulai menebar kebintangannya kala membela Chelsea. Bersama The Blues, Cech berhasil meraih banyak gelar, di antaranya adalah 4 gelar juara Liga Premier Inggris 1 gelar Liga Champions Eropa.

Meskipun sukses bersama Chelsea, namun Cech memutuskan pindah ke Arsenal pada musim panas 2015. Ia pun kemudian mengakhiri kariernya bersama Arsenal di penghujung musim 2018/19.

Andrea Barzagli

Nama Barzagli mencuat bersama Juventus, dengan meraih 16 gelar bergengsi, di antaranya adalah 8 gelar Serie A dan 4 Coppa Italia. Dia juga sempat berpetualang di Jerman bersama Wolfsburg. Akan tetapi Barzagli kini telah memutuskan pensiun di usia 38 tahun, dan di musim terakhirnya dia hanya mencatat 7 penampilan di Serie A.

Nah, bagi kamu yang ingin bermain Sbobet, segera daftarkan dirimu disini, Winenlose.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *