Musim 2018 yang lalu Persija Jakarta berhasil tampil luar biasa, baik di Piala Presiden atau pun di kompetisi Liga 1 2018. Karena di Piala Presiden yang merupakan turnamen sepak bola terbesar di Indonesia itu mereka mampu meraih gelar juara dengan mengalahkan Bali United di partai puncak dengan skor telak 3-0. Kemudian di Liga 1 2018 mereka berhasil meraih gelar juara di akhir musim.

Keberhasilan Persija menjadi juara Liga 1 2018 membuat mereka mendapat jatah lolos ke babak kualifikasi Liga Champions Asia 2019. Namun sayangnya Persija gagal melewati babak kualifikasi dan harus puas bermain di Piala AFC 2019, yang merupakan kompetisi kasta kedua antar klub Asia. Akan tetapi lagi-lagi sangat disayangkan, Persija harus tersingkir di babak penyisihan grup, meskipun di laga terakhir Grup G berhasil mengalahkan Shan United dengan skor telak 6-1. Akan tetapi hasil itu tak mampu meloloskan Persija ke babak gugur.

Persija Berada di Posisi ke-86 Klub Terbaik Asia

Meskipun demikian, tim berjuluk Macan Kemayoran itu masih mampu membanggakan Indonesia. Karena berdasarkan rilis terbaru AFC mengenai daftar peringkat klub sepak bola tahunan, tercatat bahwa kini Persija menjadi klub terbaik Indonesia di Asia dengan berada di posisi ke-86 dan mengumpulkan 15,23 poin. Perhitungan poin sendiri didasarkan hasil keikutsertaan Persija di kompetisi Asia pada empat musim terakhir atau sejak tahun 2016. Akan tetapi perolehan poin Persija masih cukup minim, karena mereka absen di kompetisi level Asia pada tahun 2016 dan 2017.

Bali United dan PSM Makassar Masuk dalam Daftar

Selain Persija, dalam daftar itu juga terdapat nama Bali United dan PSM Makassar. PSM Makassar yang berhasil lolos ke babak gugur Piala AFC 2019 berada di posisi ke-109 Asia dengan koleksi 9,24 poin. Sementara Bali United yang juga mengikuti jejak Persija dengan tersingkir di babak penyisihan grup, hanya berada di posisi ke-116 Asia dengan koleksi 8,24 poin. Bagi kamu yang ingin mengetahui info lebih lanjut mengenai casino dan sepak bola, langsung saja klik Tanimoto-auto.com.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *