Hampir semua kompetisi besar Eropa kini telah menyelesaikan pertandingannya, mulai dari Liga Premier Inggris, Bundesliga, Ligue 1, hingga La Liga. Dengan berakhirnya kompetisi musim 2018/19, tentu saja muncul sebuah nama-nama yang berhasil menjadi top skor di setiap liga.

Raja dari para top skor, atau pemain yang menjadi pencetak gol tertinggi dari semua liga-liga papan atas di Eropa akan dianugrahi sebuah penghargaan berupa sepatu emas. Kali ini bintang Barcelona, Lionel Messi berhasil menyabet penghargaan tersebut, setelah sukses mencetak 36 gol di La Liga, yang merupakan kompetisi papan atas Spanyol.

Lionel Messi Kalahkan Kylian Mbappe

Kepastian itu didapat setelah PSG menyelesaikan pertandingan terakhir pada Sabtu (25/05) dini hari WIB. Karena pesaing terdekat Messi saat ini adalah pemain muda andalan PSG, Kylian Mbappe Lotin yang sebelumnya telah berhasil mencetak 32 gol. Untuk bisa mengalahkan Messi dalam perebutan sepatu emas Eropa, Mbappe diwajibkan mampu mencetak 5 gol saat PSG melawan Reims di Stade Auguste-Delaune II. Namun sayang, pada laga itu PSG justru harus kalah dengan skor 3-1 dan Mbappe pun hanya mampu mencetak satu gol. Hal itu pun memastikan Messi menjadi raja top skor di Eropa, dan Mbappe berada di posisi kedua dengan koleksi 33 gol.

Ini akan menjadi penghargaan sepatu emas keenam yang diraih oleh Messi dan menjadi rekor tersendiri di sepak bola Eropa. Pasalnya tidak ada satu pun pemain yang mampu meraih penghargaan sepatu emas Eropa sebanyak enam kali, dan yang terdekat adalah bintang Juventus, Cristiano Ronaldo. Mantan bomber Real Madrid itu tercatat telah berhasil meraih 4 kali penghargaan sepatu emas Eropa. Kalau kamu mau meraih lebih banyak keuntungan, langsung saja klik Tanimoto-auto.com, karena banyak terdapat berita bola terupdate, prediksi terpercaya, dan informasi seputar casino di sana.

Selain itu, Messi juga menjadi pemain tertua yang meraih penghargaan sepatu emas Eropa. Karena saat memperoleh penghargaan tersebut di tahun ini, pemain asal Argentina itu sudah berusia 31 tahun, 11 bulan, dan 25 hari.

Berikut Adalah Daftar Top Skor di Liga-Liga Eropa

Lionel Messi (Barcelona/Liga Spanyol): 36 gol (skor 72)

Kylian Mbappe (PSG/Liga Prancis): 33 gol (66)

Fabio Quagliarella* (Sampdoria/Liga Italia): 26 gol (52)

Mbaye Diagne (Galatasaray/Liga Turki): 30 gol (45)

Mohammed Salah (Liverpool/Liga Inggris): 22 gol (44)

Robert Lewandowski (Bayern Muenchen/Liga Jerman): 22 gol (44)

Nicolas Pepe (Lille/Liga Prancis): 22 gol (44)

Duvan Zapata* (Atalanta/Liga Italia): 22 gol (44)

Pierre-Emerick Aubameyang (Arsenal/Liga Inggris): 22 gol (44)

Sadio Mane (Liverpool/Liga Inggris): 22 gol (44)

Krzysztof Piatek* (AC Milan/Liga Italia): 22 gol (44)

*: Masih menyisakan satu laga di liga domestik.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *