Saat ini kompetisi kasta tertinggi di Indonesia, Liga 1 2019 sudah mulai memasuki pekan ke-3. Namun sayang, sudah banyak kejadian kontroversial yang mewarnai jalannya pertandingan baik di pekan pertama atau pun kedua. Mayoritas kejadian kontroversial itu mengenai kepemimpinan wasit, yang sering kali dianggap salah dalam mengambil keputusan. Oleh sebab itu, banyak pihak yang mendesak PSSI untuk mengikuti tren yang sedang terjadi dalam sepak bola, yakni menggunakan teknologi VAR atau Video Assistant Referee. Dengan VAR, sepak bola akan berjalan lebih fair play dan jauh dari kata curang.

PSSI Pastikan Gunakan VAR di Liga 1 2019

Harapan itu pun akhirnya terkabulkan setelah federasi sepak bola tertinggi di Indonesia, PSSI, telah memutuskan bahwa mereka akan menggunakan VAR pada kompetisi musim ini. Keputusan ini sendiri diambil ketika rapat Komite Eksekutif PSSI yang telah berlangsung di Jakarta pada akhir pekan yang lalu.

Mengenai hal tersebut, operator kompetisi Liga 1 2019, PT Liga Indonesia Baru (LIB) diminta untuk segera membuat kajian dari segi infrastruktur dan anggaran penggunaan VAR. “PSSI tentunya juga akan menyiapkan wasit-wasit terbaik yang di mana nantinya mereka akan bertugas di belakang layar dalam pengoperasian VAR,” kata Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria.

VAR Membantu Wasit Mengambil Keputusan Besar dalam Pertandingan

Dalam sebuah pertandingan VAR akan membantu wasit untuk membuat keputusan-keputusan besar seperti menganulir atau mensahkan gol, memberikan hukuman penalti, dan memberikan kartu merah pada pemain. Akan tetapi dalam penerapannya tidak semua pelanggaran yang terjadi di dalam lapangan membutuhkan bantuan VAR, karena jika wasit sudah yakin dengan keputusannya maka teknologi ini tidak akan digunakan.

VAR hanya akan digunakan jika memang wasit merasa ragu dalam mengambil sebuah keputusan. Nantinya wasit utama yang memimpin jalannya pertandingan akan melihat tayangan ulang dan berkomunikasi dengan wasit VAR sebelum mengambil keputusan. Jadi yang berhak menentukan menggunakan VAR untuk mengambil sebuah keputusan hanyalah wasit, bukan dari pemain.

Dengan VAR sepak bola akan berjalan lebih indah dan akan menyulitkan para mafia untuk melakukan pengaturan skor pertandingan. Bagi kamu yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai casino dan berita bola terbaru, langsung saja klik Bandarsbobet.me.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *