Indonesia kembali berambisi untuk menggelar kejuaraan tingkat dunia, di mana kali ini PSSI selaku federasi sepak bola tertinggi di Tanah Air sedang membidik Piala Dunia U-20 2021 mendatang. Bahkan PSSI disebut sudah melakukan pertemuan dengan FIFA selaku otoritas sepak bola dunia untuk membahas kesiapan infrastruktur sebagai calon tuan rumah Piala Dunia U-20 2021.

PSSI Siapkan 8 Stadion

Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria mengungkapkan bahwa pihaknya sudah menyiapkan 8 stadion sebagai venue gelaran Piala Dunia U-20 2021. Dia menyebutkan bahwa lima stadion di antaranya adalah venue yang pernah digunakan pada cabang sepak bola di Asian Games 2018 yang lalu.

“Kami sudah mengajukan Stadion GBK (Stadion Utama Gelora Bung Karno), Patriot, Pakansari, GBLA (Gelora Bandung Lautan Api), Jalak Harupat, dan Wibawa Mukti,” kata Tisha.

Lebih lanjut, wanita berkaca mata itu pun menyebutkan bahwa FIFA meminta tuan rumah untuk menyiapkan stadion dengan kapasitas minimal sebesar 15 ribu penonton. Selain itu, stadion yang digunakan juga harus memiliki tribun yang sudah terpasang single seat. Untuk memenuhi permintaan tersebut, PSSI sudah mulai mengincar beberapa stadion bertaraf internasional di beberapa kota besar seperti Solo, Bali, dan Yogyakarta.

Persaingan Menjadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2021 Tidak Akan Mudah

Akan tetapi keinginan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 dipastikan tidak akan mudah. Karena mereka juga harus bersaing dengan beberapa negara yang sudah mapan dalam olahraga sepak bola. Bahkan ada beberapa federasi yang mencalonkan diri sebagai tuan rumah bersama, seperti Myanmar-Thailand dan Brasil-Peru. Kemudian juga ada tiga federasi yang mencalonkan diri sebagai calon tuan rumah bersama, yakni Arab Saudi-Bahrain-Uni Emirat Arab.

Indonesia Harus Melalui Proses yang Panjang

Untuk bisa menjadi tuan rumah, Indonesia harus melalui proses yang cukup panjang sesuai dengan tahapan yang sudah ditentukan FIFA. Di mana pada 24 Mei 2019 FIFA mengirim dokumen penawaran kepada federasi yang tertarik menjadi calon tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Kemudian 21 Juni adalah batas terakhir bagi setiap federasi untuk mengonfirmasi kembali terkait ketertarikan mereka.

Sementara 30 Agustua adalah batas akhir bagi para federasi untuk mengajukan penawaran definitif. Barulah pada kuartal keempat tahun 2019 FIFA akan mengumumkan siapa yang berhak menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021.

Bagi kamu yang bingung mencari agen sbobet, langsung saja bergabung di 988BET dengan mengunjungi 988Bet.org. Selain terpercaya, kamu juga bakal mendapat banyak keuntungan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *